10.10.08

TIGA BID'AH

TIGA BID,AH

BID,AH PERINGATAN MAULID NABI
Berulang kali timbul beberapa pertanyaan dikalangan umat islam saat ini tentang hukum peringatan maulid nabi, mengadakan ibadah tertentu pada malam itu dan berbagai macam amalan pda malam itu.
bahwa tidak boleh mengadakan kumpul kumpul pada malam kelahiran Rosululloh s.a.w, karena hal itu merupakan sutu perbuatan baru dan bid,ah dalam agama. Selain Rosululloh dan para khulafaurasyidiin, para tabiin tidak pernah mengerjakan perbuatan tersebut, para tabiin adalah kalangan orang yang lebih mengerti terhadap sunnah serta lebih banyak mencintai Rosululloh dengan menjalankan syariatnya.
tidak dipungkiri bahwa rosulullah Muhammad adalah nabi terbaik diantara nabi lainya, beliau penutup para nabi. Seorang nabi yang paling lengkap dalam da,wahnya.Jika seandainya upacara peringatan hari kelahiran nabi itu betul betul datang dari agama yang diridoi Alloh, niscaya rosululloh akan menyampaikan dalam setiap dakwahya pada umatnya atau paling tidak dikerjakan para shahabat nabi, para tabiin. Maka bila semua itu tidak ada dan tidak dikerjakan sesungguhnya itu dalah sebuah ajaran yang diada adakan/bid,ah. Tetapi kemudian ornag orang menyalahinya, dan setelah dikembalikan pada AlQuran dan sunnah. Tidak ada satupun ayat dan sabda nabi yang mengajarkan maulid nabi. Jelaslah bahwa peringatan maulid nabi bukan dari ajaran agama, tetapi merupakan amalan yang diada adakan, dengan meniru perbuatan orang kafir/non muslim.

PERINGATAN ISRA MI,RAJ
Isra mi,raj merupakan tanda dari alloh yang menunjukkan atas kebenaran Rosul-Nya Muhammad dan keagunganya disisi Alloh, Dan bukti atas kebesaran Alloh atas semua makhluk.
Tentang malam peringatan isra mi,raj belum pernah diajarkan dan diterangakan penentuan waktunya oleh rosulullah, tidak pada bulan rajab atau pada bulan lainnya, jikalau ada penentuan itu bukan dari rosulullah.Jika peringatan malam isra mi,raj itu disyariatkan pasti rosulullah menjelaskan pada umatnya, dan tentunya akan disampaikan para shabat nabi. nabi Muhammad adalah orang yang paling banyak memberi nasehat kepada manusia, beliau telah menyampaikan kerasulannya sebaik baik penyampai dan menjalankan amanat alloh. Oleh karena itu jika peringatan isra mi,raj merupakan ajaran agama tentu rosulullah tidak akan menyembunyikannya, karena hal itu bukan ajaran agama/bid,ah.

PERINGATAN NISFU SYA,BAN
diantara bid,ah yang bisa dilakukan umat islam saat ini yaitu peringatan malam nisfu sya,ban. Denagn melakukan ibadah pada hari itu dan menkhususkan puasa pada hari itu.Padahal tidak ada satupun dasar ayat dan sunnah yang dijadikan sandaran amalan pada nisfu sya,ban dan kalaupun ada dalil hadit, dalil tersebut dhoif.Ada dua riwayat sebab adanya peringatan nisfu sya,ban, diantara dua riwayat. Bahwa peringatan malam nisfu sya,ban dengan mengkhususkan puasa pada hari itu itu semua abdalah bid,ah dan mungkar tidak ada dasar hukumnya dalam syariat islam. nabi bersabda :
Dari abu Hurairah r.a ia berkata :
Rosulullah bersabda : Janganlah kamu sekalian menkhususkan malam jumat(hari tertentu) dari malam malam lainnya dengan suatu shalat dan janganlah kamu mengkhususkan pada siang harinya untuk berpuasa daripada hari lainnya, kecuali jika sebelumnya hari itu telah berpuasa seseorang diantara kamu.( HR.Muslim)
Seandainya pengkhususan ibadah pada malam dengan ibadah tertentu dibolehkan Alloh maka bukanlah jumat itu lebih baik daripada malam hari hari lainnya, sesunnguhnya semua hari sama. Dalam hadit Rosululloh melarang mengkhususkan jumat maka pada hari lainnya tentu juga demikian. Jelaslah pengkhususan malam nisfu sya,ban dan puasa khusus hari sya,ban adalah suatu perbuatan yang diada adakan yang merupakan bid,ah.
TAHLILAN DAN KENDURI
Sejarah tahlilan tidak ada dasar hukumnya, adapun rangkaian bacaan ayat AlQuran, tahlil dan doa, rosululloh muhammad dan para shahabatnya tidak pernah memerintahkan ataupun mengerjakan. jadi tahlilan merupakan amalan yang dibuat buat.
Sejarah kenduri, adalah merupakan strategi dari para walisongo dalam mengislamkan umat budha dan hindu. Dengan sedekah yang berupa makanan yang dimakan bersama, dimana pada masa itu makanan merupakan harta yang paling berharga. Adapun misi walisongo, yaitu mencari umat sebanyak banyaknya ( segi Kwantitas ) dan mengislamkan umat sesuai dengan AlQuran dan Sunnah ( segi Kwalitas ). Misi walisongo segi Kwantitas berhasil dengan banyaknya jumlah umat islam saat ini, akan tetapi dari segi kwalitas tidak berhasil/belum selesai. Sehingga saat ini banyak umat islam mengamalkan/mencampur ajaran budha dan hindu dengan ajaran islam. Dimana ajaran tersebut merupakan bid,ah.

CATATANKOE :
Saudaraku seiman bukan maksud hati menghina, memusuhi, sehingga timbul perpecahan. akan tetapi jangan sembunyikan kebenaran walaupun harus melawan arus. Jika saudara tidak setuju dan punya dasar yang shahih, mari kita buka kembali, pahami AlQuran dan Sunnah rosul disinilah akan tahu kebenarannya. Jangan terlalu percaya omongan ulama dan telan mentah mentah jadilah umat islam yang ulil albab. Ketahuilah beribu ribu ibadah yang dikerjakan orang awam dibandingkan ibadah orang yang berilmu (ada dasar hukumnya dari Rosul) tak seberapa.

product@catatanislamkoe.blogspot.com

2 komentar:

Anonim mengatakan...

assalamualaikum wr. wb
jadi gimana hukumnya maulid itu ?
haram atau mubah
yang memperingatinya apa dianggap muslim atau sudah murtad ?
bisa masuk surga atau tidak ?
kalau memang murtad berarti boleh dibunuh dong ?
mohon penjelasan 1
wassalamualaikum wr. wb

Anonim mengatakan...

jangan bid'ah melulu kalau ilmu masih cetek jgn sombong jgn sok menafsirkan Al-Quran seenak sediri krn 1 kalimat al- quran seribu makna
masih banyak 1001 macam maksiat dan dosa yg sudah jelas hukumnya haram itu yg perlu di perangi, asal ente tau bid'ah juga terbagi dua ada bid'ah hasanah (yg baik) dan bid'ah dholalah (yang sesat ) asal elu tau elu pake computer itu bid'ah tidak ada jaman nabi. handphone, sampe elu naik kendaraan ganti tuh dengan onta .kalau luh dah tingkat pengkajian Al Quran elu baru tahu Tahlil ada disurat Muhammad 19, dan maulid nabi, Nabi Muhamad bikin miladnya sendiri qdgn qiyaumul lail zikir dan besoknya hari senin nabi Muhammad SAW berpuasa, makanya belajar islam secara kaffah dari Syari'at, Tarekat, hakakat. ma'rifat. Syariat aja belum lulus, makanya bejar dulu tuh sejarah/ tarikh islam, n kaji yg benar Al quran,jgn sombong, sahabat nabi pernah bikin maulid nabi, dgn menyumbang 7 dirham ustman untuk membangkitkan semangat juang