10.10.08

BID'AH

Barangsiapa yang membuat amal perbuatan baru
selain yang diajarkan Rosululloh
maka ia telah menghina, mengkhianati
Alloh s.w.t dan Rosululloh s.a.w



BID,AH

Pengertian bid,ah
1.Menurut ulama muqaddim
Bid,ah adalah suatu ajaran atau aliran agama yang baru dan menyesatkan. Bid,ah ditujukan pada aliran agama baru yang menyimpang dari syariat.
2.Menurut ulama Mutakhir
Bid,ah adalah suatu tambahan dalam hal hal ibadah selain yang diajarkan Rosululloh yang tercantum dalam kitab hadits yang shahih.
3.Menurut Tabiin
Bid,ah adalah aliran agama baru yang menyimpang dari syariat islam, sedangkan tambahan ibadah baru yang tidak diajarkan Rosululloh disebut muhdaz

Sebab sebab timbulnya bid,ah
Bid,ah timbul disebabkan karena beberapa hal, diantaranya :
1.Kebodohan terhadap agama.
Dikarenakan beragama dan bersyariat islam setengah setengah, syariat yang ditetapkan Alloh s.w.t dalam AlQuran melalui Rosulnya diambil sedikit yang menguntungkan sedang yang merugikan tidak diambil, mencampur adukan antara budaya animisme dengan syariat.
2.Fanatic pada ulama tertentu
Terlalu mengkultuskan, mengagungkan ulama/kiyai melebihi Alloh dan Rosul. Sehingga apa yang diajarkan , difatwakan ulama tersebut ditelan mentah mentah walau ajaran tersebut tidak ada dalam ajaran rosul dan menyimpang dari syariat.
3.Mengikuti hawa nafsu
Mengikuti kebanyakan orang yang mengerjakan amalan nenek moyangnya, interest pribadi dan bila tidak ikut takut dikucilkan, tidak punya teman.
4.Perbuatan yang meniru orang kafir/non muslim.
Meniru ajaran, tingkah laku, budaya orang kafir/non muslim. Karena trend dan lain lain

Jenis jenis bid,ah
1.Bid,ah aqidah(khurafat)
suatu amal perbuatan yang baru, mengada ada dan mengarah pada perbuatan menyekutukan Alloh sengaja ataupun tidak sengaja. yang merupakan bentuk kemusrikan terselubung.
2.Bid,ah Ibadah
Suatu amal perbuatan yang baru selain apa yang diajarkan Rosululloh dalam melaksanakan ibadah pada Alloh, baik tata cara, bacaan,dan lain lain.

Contoh ibadah dan amal perbuatan bid,ah
1.Contoh bid,ah ibadah
Ajaran, amal perbuatan yang bersumber dari peninggalan nenek moyang, animisme, agama lain, budaya sesat. Yang menyebabkan kemusrikkan. Bila dikerjakan akan menghapus keislaman (kafir) dan menghapus semua amalan ibadah lain yang sesuai syariah.Diantaranya bid,ah aqidah :
Ruwah desaa/bersaih desa, jimat, mantera, rajah, tumbal, sesaji, larung sesaji, kleman, berdoa dikuburan, ruwatan, ramalan bintang, primbon, percaya weton, percaya pada perilaku hewan dan akhibatnya, minta doa pada orang yang sudah mati,dll
Contoh bid,ah ibadah
Ajaran, amal perbuatan yang bersumber dari selain dari apa yang diajarkan rosululloh. Baik tata cara, bacaan ibadah tersebut. Diantara contohnya antara lain :
Mengkhususkan qunut pada sholat subuh, sholat tasbih, sholat hajat, sholat isthikarah, tahlilan, yasinan, tibaan, sholat istighosahan, puasa weton, selamatan kematian, mengazani mayit, menqomati bayi baru lahir, tingkeban, membaca dzikir dengan keras, bacaan sholawat dengan keras diantara sholat lail/ramadlan, peringati maulid, peringati isra mi,rad, peringati nisfu sya,ban, valentine, tahun baru, dan lain lain.
"Kamu semua harus berpegang teguh pada sunnahku setelah alquran dan sunnah khulafaurrasyidiin yang mendapat petunjuk Alloh sesudahku, berpegangalah dengan iru dan gigitlah dengan gigi gerahammu sekuat kuatnya, serta jauhilah perbuatan baru dalam agama, karena setiap perbuatan baru itu adalah bid,ah dan setiap bid,ah sesat"
( HR :Abu daud dan Tirmidzi )
" Dan apa yang dibawa Rosul kepadamu, maka terimalah ia dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah dan bertaqwalah kepada Alloh, sesungguhnya Alloh keras hukumnya "
( Q.S :59:7 )
" Sesungguhnya telah ada pada diri Rosululloh suri tauladan yang baik bagimu yaitu bagi orang orang yang mengharap rahmat alloh dan kedatangan hari kiamat dan ia banyak menyebut alloh "
( Q:S:33:21 )
" Pada hari ini tela kusempurnakan untukmu agamamu, datelah kucukupkan kepadamu nikhmatKu, dan telah Kuridlai islam itu sebagai agama bagimu "
(Q:S:5:3)


Itulah pengertian bid,ah, macam macam bid,ah, dan contoh contoh bid,ah yang dikerjakan umat islam indonesia saat ini. Sesungguhnya mereka bukan Ahlul sunnah waljamaah, tetapi mereka adalah Ahlul bid,ah wal jamaah. Naudzu billah.

CATATANKOE :
Hai para ulama jangan kau ajarkan syariat setengah dan kau sembunyikan, kau tambahkan dikarenakan kau takut kehilangan pengikut, jabatan, harta. Sesungguhnya kalian telah mengkhianati Alloh dan RosulNya.

product@catatanislamkoe.blogspot.com

Tidak ada komentar: