26.10.08

MANUSIA UTAMA

CIRI CIRI MANUSIA UTAMA

"Seutama utama manusia adalah orang beriman, yang berjuang dijalan Alloh dengan jiwa dan hartanya, kemudian orang beriman berada dalam satu golongan dari berbagai golongan yang bertaqwa kepada Allah dan meninggalkan orang yang berbuat kejahatan"(HR.Bukhari)
Dari kutipan hadits diatas dapat diambil tiga ciri manusia utama sbb :

1.Orang yang berjuang dijalan Allah
Islam merupakan agama yang nilai-nilainya tidak hanya untuk dilaksanakan secara pribadi, tapi juga dilaksanakan dalam kehidupan berbangsa bahkan masyarakat dunia. Karena itu setiap muslim berkewajiban untuk berjuang menegakkan nilai-nilai yang datang dari Allah. Itu sebabnya manusia yang utama adalah yang selalu mengabdikan dirinya dalam berjuang dijalan Allah dengan harta dan jiwanya.
"Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang=orang mukmin, diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka, mereka berperang pada jalan Allah lalu mereka membunuh atau terbunuh. Itulah menjadi janji yang benar dari Allah dalam Taurat, Injil dan Al-Qur'an(QS:At-Taubah:11)

2.Berjamaah dengan orang bertaqwa
Manusia diciptakan berjenis-jenis, berkelompok-kelompok, pria-wanita, bersuku-suku, berbangsa-bangsa. Namun kemuliaan dan keutamaan manusia tidak terletak pada apakah dia lelaki atau wanita, suku dan kelompoknya, tetapi kemuliaan manusia terletak pada ketaqwaannya. Manusia yang utama selalu memilih berkumpul dengan orang-orang yang bertaqwa, karena orang bertaqwa orang yang benar bisa dilibatkan dalam perjuangan menegakkan nilai-nilai kebenaran.
"Hai orang-orang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah kamu bersama-sama orang-orang yang benar"(QS:At-Taubah:119)
Dengan berkumpul bersama orang-orang bertaqwa otomatis ketaqwaan terjaga, karena diantara mereka saling menjaga dan menasehati ditengah pasang surutnya keimanan dan ketaqwaan setiap manusia.

3.Meninggalkan kejahatan
Dalam kehidupan didunia banyak berbagai macam kejahatan yang dilakukan manusia dari yang kecil hingga yang besar. Yang mengakibatkan kerusakan, ketidak nyamanan masyarakat bahkan merusak masa depannya sendiri. Orang yang ingin menjadi manusia utama tidak kan terpengaruh dan terjerumus pada tindak kejahatan, Allah telah mengingatkan :
"Dan jika kamu mengikuti kebanyakan orang yang dimuka bumi ini niscaya mereka akan menyesatkanmu dijalan Allah, mereka tidak lain hanyalah mengikuti prasangka belaka dan mereka tidak lain hanyalah berdusta"(QS:Al-An'am)
Sebagai umat islam agar supaya tidak terpengaruh segala bentuk kejahatan hendaknya istiqamah dan memiliki pendirian yang kuat dalam mempertahankan nilai-nilai kebenaran dari Allah swt. Manusia utama tidak kan lupa diri bila mendapat kesenangan dan tidak pula bersedih hati bila mendapat ujian kesulitan.
"Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan Tuhan kami Allah, kemudian mereka beristiqamah, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak ada rasa duka"

CATATANKU :
Sudahkah kita menjadi manusia utama yang didambakan dicintai Allah SWT ?

product@catatanislamkoe.blogspot.com

Tidak ada komentar: